Selasa, 20 November 2012

Jaringan Dasar Terminologi


Jaringan komputer, seperti sebagian besar industri, memiliki jargon sendiri, yang meliputi istilah teknis, singkatan, dan akronim. Tanpa pemahaman yang baik tentang terminologi, akan sulit untuk memahami konsep dan proses yang terlibat dalam jaringan. Berikut adalah daftar istilah dan definisi mereka dimaksudkan untuk menjadi referensi cepat yang mendefinisikan beberapa kata yang paling penting, frasa, dan akronim yang berkaitan dengan jaringan komputer:


    
Sebuah antarmuka kartu jaringan (NIC), diucapkan "nick," juga disebut adapter LAN, atau hanya antarmuka jaringan. Kartu ini biasanya masuk ke slot ISA, PCI, atau PCMCIA (PC card) di komputer dan terhubung ke jaringan media. Ini kemudian menghubungkan ke komputer lain melalui media jaringan.
    
Media mengacu pada lingkungan fisik di mana berbagai sinyal transmisi lulus. Media jaringan umum meliputi twisted-pair, koaksial, dan kabel serat optik, dan bahkan atmosfer bumi melalui mana transmisi nirkabel terjadi.
    
Protokol adalah seperangkat aturan. Dalam kasus protokol jaringan, itu adalah seperangkat aturan yang komputer berkomunikasi. Istilah "protokol suite" menggambarkan seperangkat beberapa protokol yang melakukan fungsi yang berbeda terkait dengan aspek yang berbeda dari proses komunikasi.
    
Cisco IOS software yang berjalan pada Cisco peralatan dan perangkat, adalah perangkat lunak sistem jaringan industri terkemuka dan paling banyak digunakan. Ini memberikan layanan jaringan cerdas untuk memungkinkan penyebaran cepat dari aplikasi internet.
Cisco IOS perangkat lunak menyediakan berbagai fungsi, dari konektivitas dasar, keamanan, dan manajemen jaringan untuk layanan teknis canggih. Fungsi dari Cisco IOS software adalah hasil dari evolusi teknologi. Pertama-generasi perangkat jaringan hanya bisa menyimpan dan meneruskan paket data.
Hari ini, Cisco IOS software dapat mengenali, mengelompokkan, dan memprioritaskan lalu lintas jaringan, mengoptimalkan routing, dukungan suara dan aplikasi video, dan banyak lagi. Perangkat lunak Cisco IOS berjalan pada router Cisco dan switch Cisco yang paling. Perangkat jaringan membawa sebagian besar lalu lintas internet saat ini.

    
Sistem operasi jaringan (NOS) biasanya mengacu pada perangkat lunak server seperti Windows NT, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, Novell NetWare, UNIX, dan Linux. Istilah kadang-kadang mengacu pada komponen jaringan dari sistem operasi klien seperti Windows 95 atau Macintosh OS.
    
Perangkat konektivitas mengacu pada beberapa jenis perangkat yang berbeda, yang semuanya digunakan untuk menghubungkan segmen kabel, menghubungkan dua atau lebih jaringan yang lebih kecil (atau subnet) ke jaringan yang lebih besar, atau membagi jaringan besar menjadi lebih kecil. Istilah meliputi repeater, hub, switch, jembatan, dan router.
Berikut ini adalah tiga kategori jaringan:

    
Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan yang terbatas pada wilayah geografis yang terbatas. Daerah ini dapat menjadi ruang, lantai, bangunan, atau bahkan seluruh kampus.
    
Sebuah jaringan metropolitan-area (MAN) adalah jaringan yang lebih besar dalam ukuran dari LAN dan lebih kecil dalam ukuran dari WAN. Ini adalah jaringan yang mencakup sekitar wilayah kota besar atau daerah metropolitan.
    
Sebuah jaringan wide-area (WAN) terdiri dari LAN saling berhubungan. Ini mencakup wilayah geografis yang luas dengan menggunakan link WAN seperti saluran telepon atau teknologi satelit untuk menghubungkan komputer di berbagai kota, negara, atau benua bahkan berbeda.
Struktur jaringan digambarkan dalam dua cara berikut:

    
Topologi logis adalah jalan yang mengambil sinyal dari satu komputer ke komputer lain. Topologi logis mungkin atau mungkin tidak sesuai dengan topologi fisik. Misalnya, jaringan bisa menjadi "bintang," fisik di mana setiap komputer terhubung ke hub sentral, tapi di dalam hub data dapat melakukan perjalanan dalam lingkaran, membuatnya menjadi logis "cincin."
Topologi fisik mengacu pada tata letak atau bentuk fisik jaringan, dan termasuk topologi dalam tabel ini.
Bus - Komputer diatur sehingga kabel berjalan dari satu ke yang lain secara linear
Ring - Bila tidak ada titik awal yang jelas atau endpoint dalam topologi, membentuk lingkaran.
Bintang - Jika sistem "bertemu di tengah" dengan menghubungkan ke hub sentral
Mesh - Ketika koneksi berlebihan membuat beberapa jalur untuk beberapa atau semua endpoint.

Terkait

Description: Jaringan Dasar Terminologi Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Jaringan Dasar Terminologi
Al
Mbah Qopet Updated at: 02.06

0 komentar:

Posting Komentar